Posted by : primamulia teguh Minggu, 16 Desember 2012


Prima Cyber - Langsung to the point aja gak usah banyak intro...... 
Pasti dah pada tau RAM kan??? yang belom tau nih pengertianya 

RAM (Random Access Memory) dalam komputer berfungsi sebagai alat penyimpanan data yang dibutuhkan prosesor untuk menjalankan perintah pengguna komputer ketika menggunakan sebuah aplikasi.

RAM ini ada beberapa macam yaitu DDR,DDR2 dan DDR3. Disini kita gak ngebahas tentang DDR karena sudah terlalu jadul :p jadi kita akan mencari perbedaan antara DDR2 dan DDR3 

untuk mencari perbedaanya Ane jelaskan dlu rincian dari kedua jenis RAM tersebut...



DDR2

DDR2 RAM memiliki clock cycle dua kali lebih banyak. Artinya, kemampuanya dua kali lebih cepat dibandingkan DDR1. Memory clock-nya terentang dari 100 MHz sampai 266 MHz. Jenis DDR2 memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-667, DDR2-800 dan DDR2-1066. Dan frekuensi transfer antara 400-1966 MHz.
gambar DDR2
sedangkan DDR3

DDR3

Sementara DDR3 RAM, dari segi memory clock-nya tak jauh beda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz sampai 266 MHz. Bedanya terletak frekuensi transfernya yang lebih tinggi yaitu mencapai 2133 MHz (DDR2 maksimal hanya sampai 1066 MHz) dan voltasenya yang lebih hemat yaitu hanya 1.5v (DDR2 memerlukan voltase 1.8v dan DDR 1 dengan 2.5/2.6v).
Gambar DDR3 yang pake heatsink
seklas emang gak ada yang beda dari kedua RAM diatas, tapi kalo diteliti lagi ada perbedaan yang sangat berpengaruh 
Apa Bedanya DDR, DDR2, dan DDR3? Image
perbedaan letak pin
ya memang dari DDR2 dan DDR3 ada perbedaan yang menonjol yaitu letak pin-nya jadi jika slot RAM di motherboard kamu DDR2 dijamin gak bakal muat bat di pasang RAM DDR3 karena memang slotnya berbeda jadi pas beli RAM jangan lupa tanya sama yang jual. Dari pada nanti dipaksain pasang DDR3 di slot DDR2 malah RAM-nya jadi patah, ya nggak???
Karena teknologi cepat baru dan cepat usang, bisa dipastikan akan ada banyak jenis memory lain yang akan ditemukan di masa depan. Bisa jadi generasi tersebut dinamakan DDR4, DDR5 atau mungkin dengan nama yang lain. Hanya tinggal menunggu saja kapan memory-memory tersebut diimplementasikan pada desktop PC, Notebook, Tablet dan perangkat teknologi yang lain


{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Ow seperti itu ya??? jadi tahu ni,, thanks.
    http://infoduniain.blogspot.com

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Prima Cyber - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Prima Share